07 Mei 2011

O, Guru, Karaktermu Itu Pendidikannya

Di Hardiknas tahun 2011 ini Mendiknas mencanangkan Pendidikan Karakter.sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa. Kok begitu ya? Maksudku, kok tidak memosisikan guru sebagai sumber segala sumber pendidikan karakter. Apakah bukan guru itu sendiri yang seharusnya menjadi materi pendidikannya?

Jika dikehendaki pendidikan karakter itu di ruang-ruang kelas, semoga saja semua guru bisa memahaminya secara utuh. Paling tidak bisa memaknai perannya, bahwa yang dibutuhkan dalam pendidikan karakter sama sekali bukan sekedar seberapa piawai guru menransfer pengetahuannya ihwal karakter ke anak didik.

Teman guru saya pernah memarahi anak didiknya yang ketahuan merokok di sekolah, tetapi entah sadar atau tidak, rokok di sela-sela jemarinya masih menyala. Saya juga mempunyai teman seorang kepala sekolah yang di halaman sekolahnya terpampang tulisan larangan merokok. Maaf ini baru tentang rokok, bagaimana dengan budi pekerti?

Oleh karena itu, menjadi guru yang profesional, bermartabat dan sejahtera tentu akan dapat memberikan contoh keteladanan, sehingga benar-benar bisa digugu ditiru sebagai bagian dari pendidikan karakter yang suksesnya tidak usah meniru P4 dulu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar