07 Mei 2011

O, Guru, Kurikulummu Sebentar Lagi Baru

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, Kementerian Pendidikan Nasional berencana merombak kurikulum beberapa mata pelajaran pada pendidikan dasar dan menengah (http://edukasi.kompas.com/)

Ini mengingatkan lagi ketika KBK diterbitkan menjelang 2004 yang tak lama kemudian diubah menjadi KTSP dan sekarang 2011 akan diubah lagi, sehingga saya semakin yakin kalau ganti menteri bakalan ganti kurikulum.

Bagi guru-guru yang bosan kekenyangan merasakan berkali-kali pergantian kurikulum maklum sudah bagaimana harus bersikap. Silahkan, Mendiknas mau bawa ke mana pun kurikulum itu nanti. Termasuk bawaannya dengan seabreg kiat pengembangan dan penyempurnaan terhadap kurikulum yang mendahului. Tetap saja hanya ada satu hal yang sudah menjadi kepastian, yaitu para gurulah yang akan menjadi ujung-tombaknya.

Sebab, guru-gurulah yang akan lebih dulu berada di ruang-ruang kelas berhadapan dengan para siswa untuk mengimplementasikan kurikulum baru apapun namanya. Jadi bukan para birokrat kantoran atau para pejabat pembuat kebijakan yang membarukan setiap kurikulum cukup dari belakang meja-meja kerja mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar